Pengertian dan Contoh Website Dinamis

Berdasarkan kontennya, website sendiri terbagi menjadi 2 jenis yaitu website dinamis dan website statis. Website dinamis merupakan sejenis website yang kontennya selalu di update, karena website ini mendukung pemrograman untuk selalu mengedit konten websitenya setiap waktu.

Selain itu, website dinamis sendiri dirancang dengan aplikasi yang begitu mudah untuk kemudahan para pengguna maupun pemiliknya untuk mengubah konten dari website itu sendiri. Dibandingkan website statis, website dinamis ini memiliki berbagai macam keuntungan dan kemudahan bagi para penggunanya. Adapun contoh website dinamis itu sendiri adalah facebook, twitter, dan lain sebagainya.
Contoh Website Dinamis
Dalam mengubah konten pada web dinamis ini sendiri, Anda hanya cukup masuk menuju bagian administrator ataupun control panel yang sudah disediakan pada script web dinamis. Sehingga ketika akan mengubah isi dari dokumen website itu sendiri tak membutuhkan keahlian dalam pengkodean ataupun pemrograman.

Selain itu, untuk mengubah konten web itu sendiri tak perlu seorang Programmer. Anda pun bisa mencoba untuk mengubah konten pada website dinamis yang Anda miliki. Pada pembuatan website dinamis memerlukan berbagai macam komponen, seperti Casing Style Sheet (CSS), HTML, PHP dan MySQL. MySQL ini diperlukan sebagai tempat penyimpanan data atau file pada website dinamis.

Ada banyak contoh website dinamis yang kita jumpai di dunia internet, seperti personal blog, web berita, web toko online, dan lain sebagainya. Adapun macam-macam dari website statis yang bisa kita jumpai di internet adalah sebagai berikut ini :

1. Web Portal

Contoh pertama website dinamis adalah web portal. Web portal ini merupakan model sederhana dari website search engine yang didalamnya berisi tentang beragam informasi singkat. Selain itu, web portal ini juga disertai link menuju sumber ke situs lainnya.

2. Blog

Blog juga termasuk salah satu website dinamis yang isinya bisa diubah-ubah dengan mudah oleh pemilik blog itu sendiri. Blog bisa disebut juga sebagai diary online bagi pemilik blog. Setiap pengguna ataupun pemilik blog dapat mengupdate tulisan atau postingan artikel, update gambar, suara, dan lain sebagainya secara rutin.

Blog juga biasanya berisi konten daftar postingan yang telah ditentukan oleh pemiliknya baik postingan terbaru hingga terlama. Tak hanya itu saja, blog termasuk website dinamis karena menyediakan fasilitas komentar yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung yang mengakses blog tertentu. Blog juga disertai dengan full costum, permalink, dan fasilitas RSS.

3. Web Toko Online

Website dinamis lainnya adalah web toko online, yang dibuat oleh pemilik web untuk mempromosikan produk-produk yang ditawarkan oleh para konsumen yang ada di internet. Website toko online ini di dalamnya berisi tentang katalog produk, dan juga shopping chart atau keranjang belanja bagi para pengunjung atau calon konsumen.

Jadi, konten dari website ini akan selalu diupdate oleh pemilik website untuk mengupdate produk terbaru setiap harinya. Biasanya pemilik web juga menyertakan kontak, berupa telepon maupun email untuk pemesanan.

4. Web Berita

Situs ini umumnya berisi tentang informasi-informasi yang dituangkan dalam bentuk artikel yang selalu diupdate setiap waktu dengan rutin oleh pengguna atau pemilik website itu sendiri. Selain itu, website ini juga disediakan fasilitas komentar bagi para user maupun pengunjung yang mengakses website tersebut. Ada banyak contoh web berita yang biasanya kita jumpai adalah BBC, Detiknew, Reuters, Republika Online dan lain sebagainya.

Ya, demikianlah ulasan mengenai contoh-contoh website dinamis yang bisa Anda pelajar. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *