Pengertian Domain dan Hosting Serta Unsur Unsur-nya

Pengertian Domain dan Hosting : Unsur-Unsur Domain dan Arti Hosting

Domain dan hosting termasuk ke dalam unsur-unsur website yang selalu berkaitan satu sama lain. Bagi Anda yang baru belajar membuat website, tentu harus mengenal kedua unsur website ini.
Pengertian Domain dan Hosting
Domain sendiri merupakan nama unik dalam sebuah situs yang dipakai agar memudahkan pengguna untuk mengakses sebuah informasi di server komputer yang terdapat di jaringan internet. Saat kita mengakses sebuah situs, tentu hal pertama yang kita ketikkan pada web browser ini adalah nama domain.

Pengertian dan Unsur Nama Domain

Sebelum kita mengenal yang namanya domain, biasanya saat akan mengakses sebuah informasi pada server di komputer akan memakai IP Address berupa deretan nomor atau angka yang panjang. Akan tetapi, kelemahannya memakai IP Address ini tergolong rumit karena kita harus mengingat sederetan angka panjang tersebut untuk mengakses komputer.

Oleh karena itulah, tercipta sebuah nama domain yang berfungsi untuk memudahkan setiap pengguna saat mengakses sebuah situs web. Seperti misalnya, kita akan mengakses sebuah situs www.bajuserbamurah.com maka kita cukup mengetikkan alamat situs web tersebut di bagian address bar pada web browser Anda.

Dalam nama domain itu sendiri terdiri dari struktur yang terdapat di dalamnya, adapun struktur-struktur tersebut antara lain :

• Top Level Domain
Top Level Domain ini merupakan struktur teratas dari sebuah nama domain. TLD ini berupa akhiran atau ekstensi dari nama domain. TLD sendiri dikelompokkan kembali menjadi 2 bagian, yaitu Generic Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domains (ccTLD). Untuk gTLD sendiri berupa ekstensi seperti .com, .net dan lainnya. Sedangkan untuk ccTLD sendiri biasanya disesuaikan oleh nama dari masing-masing negara.

• Second Level Domain (SLD)
Struktur domain yang kedua adalah Second Level Domain (SLD) yang berupa nama atau brand dari situs yang dituju tersebut. Seperti misalnya, www.nomorsatu.com maka yang menjadi SLD nya adalah nomor satu.

• Lower Level Domain (LLD)
Lower Level Domain ini merupakan tingkatan terakhir dari nama domain itu sendiri. LLD itu sendiri bisa dibagi kembali menjadi seperti Third Level Domain hingga Fifth Level Domain.

Nah, itulah tingkatan-tingkatan dari nama domain. Sejauh ini, untuk mendapatkan nama domain maka kita bisa memakai jasa penyedia domain dan hosting yang banyak tersebar di internet. Biasanya domain untuk negara Indonesia sendiri tergolong lebih murah apabila dibandingkan domain yang sifatnya internasional.

Di Indonesia ada banyak jasa penyedia hosting dan domain yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan. Nama domain memang sangat penting karena bisa menunjang kesuksesan website yang Anda miliki. Jika kita memilih sebuah nama domain yang tidak tepat justru bisa membuat website Anda menjadi sepi karena tidak ada satupun pengunjung yang mengakses website Anda tersebut.

Pengertian Hosting

Jika kita telah membahas domain, selanjutnya kita akan membahas tentang pengertian hosting. Sama halnya dengan domain, hosting juga merupakan satu kesatuan yang tak dapat terpisahkan dari sebuah website. Apa sih yang dimaksud dengan hosting? Hosting adalah ruang atau space yang tersedia yang bertujuan sebagai tempat penyimpanan dokumen maupun file website.

Adapun file yang bisa disimpan berupa file PHP, HTML, gambar, video, musik, dan lain sebagainya. Nah, hosting ini bisa dianalogikan seperti hard disk pada komputer ataupun flashdisk untuk menyimpan data-data. Agar bisa menghubungkan hosting dan domain supaya bekerja lebih optimal, maka harus melakukan sinkronisasi name server terlebih dahulu yang terpetak pada hosting menuju domain manager.

Nah, itulah pengertian domain dan hosting sebagai unsur terpenting dalam sebuah website. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *