Pengertian File Server Adalah? Ini Fungsinya dan Cara Kerjanya

Pengertian file server adalah fungsinya dan cara kerjanya samba komputer workstation client processingPengertian File Server Adalah? Ini Fungsinya dan Cara Kerjanya

Apa itu pengertian file server? File server merupakan sebuah layanan tempat penyimpanan file dengan terpusat dalam sebuah mesin. File server bisa dikatakan sebagai jantungnya dari kebanyakan jaringan, dengan perangkat komputer yang berkecepatan tinggi, memiliki memori atau kapasitas RAM besar, dan juga didukung oleh kartu jaringan cepat.

Setiap sistem operasi pada jaringan juga tersimpan melalui file server ini, termasuk juga data dan berbagai aplikasi yang diperlukan dalam sebuah jaringan. File server sendiri berfungsi untuk mengontrol informasi dan komunikasi yang terjadi antara komponen atau node pada sebuah jaringan.

Adapun contoh penggunaannya adalah mengelola setiap pengiriman file kumppulan data maupun pengolah kata yang berasal dari workstation maupun suatu node, menuju node lainnya, atau mendapatkan/menerima sebuah email di saat bersamaan ketika menjalankan tugas lainnya.

Tugas dari file server ini memang terlihat begitu kompleks, di mana file server harus menyimpan sebuah informasi lalu membaginya dengan cepat. Keuntungan dalam menggunakan aplikasi file server ini yaitu lebih hemat untuk penggunaan Resources atau sumber daya, khususnya media penyimpanan yang disebut juga sebagai hard disk yang berperan sebagai tempat penyimpan file.

Melalui proses penyimpanan yang terpusat, sehingga file maupun data hanya berada dalam 1 mesin saja, karena tidak tersebar pada beberapa mesin. Hal inilah yang menyebabkan penggunaannya lebih aman dan bisa memudahkan akses.

Berbagi Resources dalam jaringan komputer yang digunakan keperluan bersama, layaknya printer atau file ini ditujukan untuk lebih mengefektifkan setiap penggunaan Resources pada sistem jaringan. Agar bisa menggunakan Resources atau sumber daya secara bersamaan, maka pengguna perlu melakukan login dalam jaringan kemudian melakukan akses menuju respurce yang dibagi penggunaan.

Biasanya untuk hal tersebut dibutuhkan yang namanya server workgroup atau server domain. Domain merupakan kumpulan klien yang memakai server ketika menjalankan valiasi data untuk login pada jaringan. Domain server juga biasanya dinamakan juga dengan istilah Primary Domain Controller atau PDC.

Apabila pada satu jaringan terdapat beberapa macam sistem dari berbagai platform, maka diperlukan sebuah program untuk menjembatani agar semua mesin tadi bisa saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Adapun program untuk dapat menjembatani UNIX atau Linux memakai Windows dan cukup populer yaitu Samba. Adapun kegunaan dari Samba itu sendiri adalah :

• Untuk menempatkan Linux atau mesin Unix untuk dijadikan Primary Domain Controller layaknya yang dilakukan oleh NT.
• Untuk menyambungkan tiap LInux atau mesin Unix melalui Windows atau mesin Dos.

Dengan demikian, melalui Samba sendiri Anda bisa membuat sebuah server memakai klien produk pada Microsoft Windows dengan berbagai macam layanan berikut ini :

• Untuk membantu atau memberikan dengan memakai WNS name server resolution.
• Dapat berbagi printer dan file.
• Dapat memberikan otentikasi untuk tiap klien saat login menuju domain.
• Dapat membantu user untuk membrowsing pada Networks neighbourhood.

Berdasarkan banyaknya aplikasi untuk dipakai pada tiap layanan aplikasi file server sendiri, praktisi lapangan biasanya paling banyak untuk memilih sebuah aplikasi Samba.

Sebab tak hanya menyediakan layanan untuk penyimpanan file yang terpusat dan juga aman, bahkan klien yang selalu mengakses jaringan tidak di batasi hanya satu jenis sistem operasi pada umumnya.

Namun bisa melakukan perpaduan antara sistem operasi yang satu dengan sistem operasi yang lainnya, misalnya saja perpaduan antara sistem operasi windows dengan sistem operasi yang berbasis open source seperti Linux.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian file server dan cara kerjanya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *