Perbedaan Blog dan Website Menurut Para Ahli

Menurut Harvard University mengenai pengertian Blog adalah video, gambar, teks, dan audio yang terkumpul secara hierarki membentuk sebuah kronoligis yang ditampilkan pada browser HTML. Lebih lengkap mengenai blog yaitu sebuah situs yang berisi berbagai item yang dipost secara berkala dengan urutan kronologis mundur.

Website adalah halaman-halaman yang memberikan informasi mengenai teks, video, gambar, dan audio atau file lain yang dapat berbentuk statis dan dinamis serta saling berkaitan satu sama lain. Sebenarnya dalam penulisan yang benar bukanlah Website melainkan Web Site namun karena sudah terlanjur semua orang menggunakan kata Website jadi disepakati Website saja.

Perbedaan Blog dan WebsiteWebsite dibagi menjadi dua yaitu:

a. Website Statis

Website statis adalah sebuah website yang tidak terlalu banyak melakukan pengubahan atau pengelolaan pada konten isi website. Pada intinya, pengunjung dalam website statis ini tidak dapat memilih informasi yang ingin dilihat melainkan hanya terbatas pada informasi apa yang di berikan pengguna web.

b. Website Dinamis

Sesuai dengan namanya, website ini lebih fleksibel dalam memberikan informasi daripada website statis. Biasanya dalam pengelolaan website dinamis, pengguna akan secara berkala melakukan pengelolaan mengenai isi artikel atau konten website. Pengelolaan ini bisa dilakukan setiap hari atau setiap minggu secara terus-menerus. Untuk melakukan pengelolaan pada konten perlu untuk seorang blogger atau pengguna website memiliki keahlian mengenai berbagai software teks editor seperti Notepad, Dreamveawer, dan Frontpage. Contoh website dinamis yaitu, forum, search engine, berita, dan e-commerce.

Menurut Yaro Starak yang notabennya adalah seorang blogging trainer, terdapat beberapa perbedaan blog dan website, di antaranya adalah:

1. Kotak Saran/ Komentar

Blog memungkinkan para users untuk masuk dan memberikan komentar mengenai isi sebuah blog. Hal ini berbeda dengan website yang tidak menyediakan kolom komentar pada lamannya. Jadi yang terjadi hanyalah informasi satu arah pada website sedangkan blog bersifat informasi dua arah yaitu dari pengguna dan pengunjung. Penggunaan blog lebih fleksibel karena antara pengguna dan pengunjung bisa saling bertukar informasi dan melakukan diskusi.

2. Blog lebih baik dari website

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin pertama bahwa blog tidak hanya memberikan informasi bagi para pengunjung namun juga memberikan informasi melalui percakapan. Hal ini membuat semakin banyak informasi bisa didapatkan dari blog dengan berbagai sumber.

3. Pengurutan Artikel Secara Kronologis

Dahulu, blog hanya merupakan diary online yang ditulis oleh pemiliknya untuk memberikan informasi terkait diri pemilik. Namun seiring dengan oerkembangan, blog kini menjadi tempat untuk memberikan informasi mengenai hal-hal penting seperti berita dan mengenalkan sebuah produk baru. Dalam urutan waktu tampilan sebuah blog, biasanya artikel yang paling barulah yang muncul pada posisi teratas, baru kemudian disusul artikel yang lebih lama.

4. Kemudahan Dalam Proses Penambahan Konten

Blog diklengkapi dengan fasilitas yang disebut dashboard yang berfungsi sebagai pengelola artikel agar mudah untuk diakses dan diolah oleh pengguna. Hal ini membuat, para pengguna awam blog dapat dengan mudah untuk mempublikasikan tulisan-tulisannya.

5. Proses pengupdetan Secara Berkala

Proses pengupdetan konten dalam sebuah blog sangatlah penting, hal ini karena informasi yang baru biasanya sangat dicari oleh pengunjung. Dengan melakukan update secara berkala maka blog atau website akan semakin ramai dikunjungi users.

Pada intinya, antara blog atau website sebenarnya sama saja hanya saja yang membedakan adalah fungsi dari blog atau website itu sendiri. Jadi anda tidak perlu bingung lagi untuk mencari perbedaan blog dan website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *