Server Adalah? Ini Dia Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Server Adalah? Ini Dia Pengertian dan Jenis-JenisnyaServer Adalah? Ini Dia Pengertian Server dan Jenis-Jenisnya

Server adalah sebuah sistem komputer dengan menyediakan layanan tertentu pada client yang terdapat pada sebuah jaringan komputer. Server biasanya dilengkapi oleh sistem operasi yang secara khusus mengontrol akses berikut Resources yang terdapat di dalamnya, di mana sistem operasi secara khusus tadi disebut juga dengan nama Networks operating system atau sistem operasi jaringan.

Server biasanya didukung oleh RAM berkapasitas besar dengan prosesor yang memiliki sifat scalable. Server di support oleh prosesor scalabel berkapasitas RAM besar dengan kelengkapan sebuah sistem operasi yang khusus.

Server juga dapat menjalankan peran sebagai perangkat lunak secara administratif untuk mengontrol akses jaringan dan juga sumber daya yang ada di dalamnya, yang mirip seperti pencetak atau berkas, yang juga memberikan akses untuk stasiun kerja pada anggota jaringan.

Biasanya pada sistem operasi server ada beberapa aplikasi yang memakai server atau arsitektur klien. Adapun contoh aplikasi-aplkasi tersebut di antaranya adalah mail server, FTP server, DHCP server, DNS server, HTTP server dan lain-lain. Pada tiap perasi server biasanya menggabungkan beberapa layanan , yang juga layanan tadi bisa diperoleh berdasarkan pihak ketiga.

Biasanya setiap layanan tadi akan merespon setiap permintaan klien. Misalnya saja, klien DHCP memberi permintaan khusus pada server untuk menjalankan sistem operasi server DHCP.

Saat sebuah klien memerlukan IP Address, maka klien memberikan request untuk server melalui sistem pembahasaan yang mudah dipahami server DHCP tadi, yaitu berupa protokol dari DHCP tersebut. Adapun contoh sistem operasi pada server adalah sistem operasi pada Windows NT 3.51 kemudian dilanjutkan oleh sistem operasi Windows NT 4.0.

Server sendiri memiliki beberapa jenis, diantaranya sebagai berikut :

1. Domain Name Server (DNS), merupakan aplikasi pelayanan dalam internet dengan fungsi untuk menerjemahkan sistem domain name menuju alamat IP dari Fany Qualified Domain Name (FQDN).

2. Web Server, merupakan software pada server dengan tujuan untuk menerima permintaan dari Hyper Text Transfer Protocol (HTTP) pada client, yang juga dikenal sebagai web browser untuk mengirimkan hasilnya kembali berbentuk HTML atau dokumen web.

3. SSH Server atau Secure shen, merupakan aplikasi sebuah server yang bertujuan untuk mengeksekusi program atau meremote server.

4. Mail Server, adalah software program untuk mendistribusikan informasi atau file sebagai bentuk dair permintaan atau respons yang dikirimkan melalui email yang juga terdapat pada bitnet yang berfungsi untuk bitnet, contohnya File Transfer Protocol (FTP).

5. DHCP Server, merupakan protokol dengan basis server atau arsitektur client untuk digunakan agar memudahkan terjadinya pengalokasian alamat IP pada sebuah jaringan.

6. FTP Sercver, biasanya digunakan sebagai sharing file dalam client atau jaringan server yang mendukung IP/TCP. Fungsi dari FTP server lainnya yaitu untuk menyediakan sebuah layanan implisit reote PC atau mdirect, sharing data, menyediakan sistem transfer data yang efisien dan reliable, serta menyediakan tempat untuk user.

7. Samba Server, merupakan sejenis server yang berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan dua dari sistem operasi yang berbeda yang berfungsi juga untuk kegiatan transfer data.

8. Proxy Server, adalah sejenis server teknis standar yang digunakan sebagai akses internet yang dilakukan bersamaan melalui beberapa komputer melalui jaringan Local Area Network atau LAN dengan saluran komunikasi atau sebuah modem. Adapun fungsi dari proxy server ini adalah untuk tempat penyimpanan riwayat dalam mengakses sebuah halaman web berikut keamanan atau sistem blocking terhadap situs tertentu.

Ya, itulah ulasan mengenai server adalah dan jenis-jenis server yang perlu kita ketahui!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *